ANALISIS LAPORAN KEUANGAN#

  • RUANG LINGKUP LAPORAN KEUANGAN
  • LAPORAN KEUANGAN YANG DIBANDINGKAN
  • ANALISIS TREND DAN ANALISIS PERSEN PER KOMPONEN
  • ANALISIS RATIO

 

RUANG LINGKUP LAPORAN KEUANGAN

Sebuah laporan keuangan, pada dasarnya merupakan suatu sarana informasi yang sangat diperlukan bagi pihak-pihak tertentu. Adapun pihak-pihak yang membutuhkan informasi dari laporan keuangan, diantaranya: pihak manajemen, pihak pemegang saham, pihak kreditor, pihak pemerintah, dan pihak karyawan.

  1. Bagi Pihak Manajemen;

            Bagi pihak manajemen, laporan keuangan merupakan sarana untuk mengevaluasi kinerja perusahaan. Dalam hal ini, dapat dikatakan bahwa manager adalah orang yang sangat berperan dalam mengevaluasi kinerja perusahaan, khususnya kinerja karyawan yang berada di bawah kepemimpinannya. Dimana misalnya, manager bagian pemasaran yang ketika melihat angka penjualan meningkat, maka manager perlu mengevaluasi; apakah peran dari staf pemasaran sudah cukup maksimal? Ataupun dapat mengevaluasi dari nilai beban yang dikeluarkan untuk bagian pemasaran; apakah terlalu besar? Ataukah sudah sesuai dengan yang telah diperhitungkan sebelumnya.

            Adakalanya pihak manajemen pun menggunakan laporan keuangan sebagai pertimbangan untuk memberikan kompensasi kepada karyawannya. Kompensasi merupakan seluruh imbalan yang diterima karyawan atas hasil kerja karyawan tersebut pada organisasi. Perusahaan dalam memberikan kompensasi kepada para pekerja terlebih dahulu melakukan penghitungan kinerja dengan membuat sistem penilaian kinerja yang adil.

            Dan, tujuan akhir dari manfaat laporan keuangan bagi manajemen, yaitu sebagai sarana pengembangan karier. Pengembangan karier merupakan dampak dari penilaian laporan keuangan oleh manajemen yang dinilai positif. Dalam hal ini, berarti laporan keunagan tersebut menunjukkan peningkatan kinerja perusahaan secara keseluruhan.

    2. Bagi Pihak Pemegang Saham;

            Bagi pemegang saham, laporan keuangan bermaanfaat untuk mengetahui kinerja perusahaan. Dalam hal ini berhubungan dengan nilai saham yang diinvestasikan. Dengan harapan, apabila dari laporan keuangan yang bernilai positif pada akhirnya dapat memberikan keuntungan yang sepadan dengan nilai yang diinvestasikannya.

            Hal tersebut berbanding lurus dengan arti pentingnya laporan keunagn bagi pemegang saham yang pada dasarnya mengharapkan dana yang diinvestasikannya dapat memeberikan pendapatan lebih, dan dapat memberikan nilai keamanan investasi.

     3. Bagi Pihak Kreditor;

             Bagi pihak kreditor, laporan keuangan mempunyai arti penting untuk mengetahui kemampuan perusahaan melunasi utang beserta bunganya. Yang berarti bahwa kreditor, tidak perlu merasa cemas dengan dana yang telah dipinjamkan dapat kembali. Karena apabila laporan keuangan bernilai positif berarti perusahaan memiliki kemampuan untuk melunasi pinjaman beserta bunganya. Namun, sebaliknya bila laporan keuangan bernilai negatif berarti perusahaan tidak memiliki kemampuan untuk melunasi pinjaman beserta bunganya.

    4. Bagi Pihak Pemerintah;

           Bagi pihak pemerintah, laporan keuangan berarti penting untuk pendapatan negara dalam hal pajak. Dengan mengetahui laba bersih yang dihasilkan oleh perusahaan dalam laporan keungannya (terutama yang telah diadit), maka pemerintah pun dapat mengetahui besarnya pajak yang harus disetorkan oleh pihak perusahaan.

           Dan, bagi pemerintah laporan keungan yang telah diaudit merupakan salah satu persyaratan yang harus diajukan ke BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal) untuk mendapatkan persetujuan untuk go publik.

    5. Bagi Pihak Karyawan.

            Bagi pihak karyawan, laporan keuangan yang bernilai positif akan menjamin penghasilan yang memadai, kualitas hidup, dan keamanan kerja. Untuk itu, karyawan akan memberikan kontribusi yang tinggi apabila perusahaan dapat menjamin dari segi penghasilan, kualitas hidup, dan keamanan kerja.

SUMBER:

http://syahrezamarasutanpohan.wordpress.com

http://www.anneahira.com/artikel-umum/kompensasi.htm

 

2 responses to this post.

  1. maaf ya teman, mau kasih masukan nih sekarang kita udah masuk ke pembelajaran mata kuliah softskill sebaiknya blog anda disisipkan link Universitas Gunadrma yaitu gunadarma.ac.id guna sebagai identitas kita sebagai mahasiswa gunadarma dan juga salah satu kriteria penilaian mata kuliah softskill..terima kasih

    Reply

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: